AMDIKLIK

AMDIKLIK

Friday, 05 April 2019 06:50

Pengertian dan Macam-Macam Hardware

Pengertian hardware adalah komponen-komponen fisik dari sebuah komputer. Hardware tidak hanya yang tampak dari luar saja seperti keyboard, printer, mouse, atau monitor, tapi juga termasuk bagian internal komputer yang tertutupi casing seperti motherboard, CPU, kartu grafiks, kipas, power supply dan lain-lain. Hardware baru bisa berfungsi ketika ada instruksi dari software.



Tapi software juga tidak akan berfungsi jika hardware tidak tersedia lengkap. Jadi hubungan antara hardware dan software adalah hubungan timbal balik. Hardware terbagi atas empat komponen utama yaitu:

1. Perangkat input – merupakan perangkat yang digunakan untuk menginput data atau informasi ke dalam sistem komputer. Contoh perangkat input adalah keyboard, mouse, touchpad, scanner, webcams, microphone, dan joystick.

2. Perangkat output – merupakan perangkat yang bisa menampilkan data atau informasi yang bisa dibaca atau dianalisis oleh manusia (brainware). Contoh perangkat output adalah monitor, speaker, dan printer.

3. Perangkat proses – merupakan perangkat yang memproses semua data atau informasi yang masuk ke dalam sistem komputer. Contoh perangkat proses adalah motherboard, CPU, RAM, chipset, CD / DVD Drive, ROM, graphic card, dan sound card.

4. Perangkat penyimpanan – merupakan perangkat yang bertanggung jawab menyimpan semua data dan informasi yang diinput ke dalam sistem komputer. Perangkat penyimpanan terbagi atas dua tipe. Pertama adalah media penyimpanan yang terpasang tetap dalam komputer seperti hard drive (HD) dan solid-state drive (SSD).

Tipe kedua adalah media penyimpanan yang bisa dilepas pasang seperti USB flash disk dan HD external yang disambungkan pada komputer melalui USB port, dan optical disk seperti CD dan DVD yang hanya bisa digunakan ketika komputer tersebut memiliki optical disk drive. Laptop-laptop generasi terbaru yang memakai istilah ultra umumnya tidak memiliki optical disk drive agar laptop bisa berwujud tipis. Sebagai alternative, Anda bisa menggunakan optical disk drive external yang bisa dilepas pasang.

Ada juga perangkat tambahan seperti casing untuk melindungi perangkat internal komputer, dan power supply sebagai penyedia energi bagi komputer. Jadi kesimpulannya, pengertian hardware adalah perangkat keras komputer yang bisa dilihat dan disentuh secara langsung karena ada bentuk fisiknya.

The version of the XPS 13 9380 that’s being reviewed here has an Intel Core i7-8565U processor, a 4K screen, 8GB RAM, and a 256 SSD.

It’s possible that I’ve written more about the Dell XPS 13 than any other laptop. When it first came out in 2015, seeing an “infinity display” (barely any bezel space) was fascinating. Of course, other companies such Lenovo have copied Dell’s path to success.

To be sure, Dell’s XPS 13 (at least the first version) had a lot of issues. I remember buying one and returning it in early 2015 because the brightness levels always changed when scrolling. Also, the screen seemed to have a sandy texture, like many tablets did in 2015. The XPS 13 9350 wasn’t even a tablet — but it did offer a touchscreen.

By the time the XPS 13 9360 was released, many of the problems were fixed, even though the device still had a somewhat “washed-screen” look and the webcam was still on the bottom. The 9370 version changed the screen to 4K with better contrast in late 2018, but the webcam was still problematic. Thankfully, that isn’t the case anymore.

Tuesday, 12 January 2016 20:07

Dell Visor Has Arrived

Dell Visor is a super comfortable VR headset that should win over the haters.

Now let’s talk comfort. Tech Radar says the “Dell Visor is a super comfortable VR headset that should win over the haters….The headband is easily adjustable for any size head, weighted for a more stable feel, and the headset is designed to avoid pressure on the user’s nose and cheeks, so you can wear it for extended periods without feeling like your face is tired.” The thoughtful design even extends to cable management, routing cords to the back for better freedom of movement so users won’t trip over themselves.

But does it deliver? Oh yeah. Beyond looks and comfort, the Dell Visor offers an optimal mixed reality experience. Prepare to escape into amazing new worlds – and the digital office if you need – with an immersive, life-like, MR experience with high resolution of 1440 x 1440 per eye, dual 2.89” LCD panels and blazing refresh rate of 90Hz. The Fresnel lenses deliver a field of view of 110 degrees and a breathtaking 360 panoramic view.

Thanks to our partnership with Microsoft, the visor takes advantage of the same technology used in the Microsoft HoloLens including 6-DoF, inside-out tracking, with the headset itself able to scan your surroundings instead of satellite emitters positioned inside the room. Meaning that it takes less time and no equipment for set up, so you can immerse yourself in mixed reality experiences right away.

Jika kamu seorang pekerja yang menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kamu sudah banyak mengetahui tentang beberapa perangkat keras yang ada pada komputer. Tentunya juga kita semua tahu kalau perangkat keras yang ada pada komputer, selain memang perangkat keras yang memang sudah ada di dalam komputer tersebut, juga ada perangkat keras komputer tambahan yang biasa kita sebut dengan peripheral. Sedikit banyaknya kamu pastinya juga sudah mengetahui fungsi perangkat keras tersebut masin-masing.

Bisa dikatakan kalau pheripheral merupakan perangkat keras tambahan yang disambungkan pada komputer untuk menyempurnakan kinerja yang ada pada komputer tersebut. Ada banyak perangkat peripheral yang biasa kita gunakan pada penggunaan komputer dalam kegiatan sehari-hari. Salah satunya yang kita gunakan adalah “scanner”. Seringkali kita menggunakan scanner untuk memindai sebuah gambar yang mana nantinya akan ditampilkan pada monitor komputer.

Nah berbicara mengenai scanner, pada artikel kali ini saya akan membahas hal-hal apa saja yang ada mengenai scanner. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Scanner

Dalam penggunaan komputer terutama jika kita bekerja pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang editing, tentunya kita seringkali menggunakan scanner sebagai sebuah alat bantu yang sangat berguna untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kita pada perusahaan tersebut. Apa yang dimaksud dengan scanner ini? Scanner merupakan sebuah perangkat tambahan pada komputer yang mana memiliki kegunaan untuk memindai sesuatu berupa gambar foto, atau juga bisa berupa dokumen yang mana nantinya akan diimport ke dalam komputer dan ditampilkan melalui monitor dalam bentuk digital.

Sebagaimana arti kata kerja aslinya, yakni ‘to scan’ yang artinya memindai, alat ini bekerja dengan cara memindai setiap bagian lembaran yang menjadi inputnya hingga tidak ada bagian yang tersisa. ‘Bahan baku’ yang diolah oleh scanner merupakan lembaran berkas tipis kasat mata. Setelah lembaran tersebut dipindai, maka keluaran yang diperoleh memiliki bentuk berupa berkas visual berbentuk digital yang ukuran maupun kualitasnya dapat diubah guna mencapai kualitas yang diinginkan oleh penggunanya.

Jika kita lihat, sepintas scanner ini memiliki kesamaan dengan mesin fotocopy yang mana juga bekerja dengan cara memindai sesuatu berupa gambar maupun dokumen yang mana nantinya akan diduplikasikan menjadi jumlah yang lebih banyak. Pada tataran tertentu, kehadiran scanner berhasil menyisihkan pemain lama di bidang serupa, yakni teknologi mesin foto kopi yang pertama kali diperkenalkan oleh Xerox di tahun 1959. Walaupun keduanya memiliki fungsi dasar sama, yakni sebagai pengganda, mesin foto kopi memiliki ukuran besar dan menghasilkan keluaran berupa kertas yang ukurannya tak bisa dimanipulasi. Sementara itu, scanner merambah dunia digital dengan keluaran berupa berkas digital yang dapat diatur sedemikian rupa tampilannya sesuai dengan yang dikehendaki pengguna.

Melihat dari fungsinya yang mirip, akankah keberadaan scanner menggantikan mesin foto kopi? Belum tentu. Keduanya memiliki fans dengan kebutuhan tersendiri yang unik dan spesifik. Hanya saja, tak bisa dipungkiri bahwa ada kecenderungan untuk mengadopsi teknologi digital dan menggantikan teknologi pengganda analog semacam foto kopi. Inisiatif semacam ini biasanya diwujudkan dengan menggabungkan atau mengintegrasikan mesin foto kopi digital modern dengan scanner dan printer laser. Perkembangan teknologi menjadikan integrasi tersebut kian menakjubkan, yang diwujudkan oleh adanya scanner berkecepatan tinggi atau mengirimkan berkas lewat e-mail.

Sejarah Perkembangan Scanner

Apakah kamu sudah tahu bagaimana awal mula dari perkembangan scanner ini? Mungkin sebagian besar dari kita masih ada yang belum mengetahui bagaimana awal mula mengenai perkembangan scanner ini. Setelah kita mengetahui mengenai definisi yang ada mengenai scanner, ada baiknya juga kalau kita mengetahui tentang bagaimana sejarah perkembangan mengenai scanner. Scanner pertama kali ditemukan oleh Robert S. Ledley yang merupakan seorang pria yang lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Lalu pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).

Asal mula sejarah perkembangan mengenai peripheral scanner ini mulai berawal pada tahun 1975, yaitu disaat Ray Kurzweil bersama dengan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software yang dimaksudkan ini berfungsi untuk mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan kemudian menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks. Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif.

Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

Pada saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan pesat seiring penemuan baru teknologi scanner.

Penemuan scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography, fotokopi dan optical machine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA). Demikian sejarah singkat penemuan scanner dan perkembangan scanner dari awal penemuannya sampai sekarang scnner baru dengan teknologi berbeda dan canngih telah ditemukan dan dikembangkan di dunia oleh berbagai Company seperti yang disebutkan di atas.

Jenis – Jenis Scanner

Mungkin selama ini kita hanya tahu satu scanner saja yaitu scanner yang biasa kita gunakan saat bekerja untuk memindai gambar dan dokumen saja. Namun ternyata, ada macam-macam jenis scanner yang ada di dunia. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis scanner, antara lain :

Scanner Drum

Jenis Scanner yang akan dijelaskan pertama adalah scanner drum. Sesuai dengan namanya yaitu scanner drum, jenis scanner ini merupakan jenis scanner yang memiliki bentuk yang mirip seperti drum atau tabung. Scanner jenis ini pada dasarnya adalah jenis scanner yang bisa dikatakan sebagai scanner yang luar biasa, terutama jika dilihat dari segi resolusi gambar yang dapat dihasilkan oleh scanner drum ini. Scanner drum seringkali dikatakan sebagai scanner yang sanggup untuk menghasilkan gambar dan juga hasil scan yang resolusinya mencapai 24.000 ppi atau pixel per inch. Yang mana ini menunjukkan bahwa kualitas gambar yang dihasilkan melalui media scanner drum ini sangatlah luar biasa jika dilihat dari detail yang dihasilkan.

Kelebihan

  • Mampu melakukan proses scanning pada dokumen dan juga objek datar atau kertas yang besar.
  • Minim getaran, sehingga hasil scan tidak akan mengalami distorsi dan getaran.
  • Sangat pas untuk memperoleh hasil gambar yang maksimal dari sebuah dokumen.
  • Berguna untuk melakukan scan terhadap dokumen kuno yang rapuh.

Kekurangan

  • Bentuk fisik dari alat scanner yang sangat besar, membuat alat ini menjadi sangat tidak praktis untuk penggunaan sehari–hari.
  • Harga alat scanner yang luar biasa mahal dan sulit pula untuk memperoleh drum scanner.
  • Keterbatasan dari obejk yang bisa dipinda atau di scan.

Scanner Flatbed

Jenis scanner yang berikutnya adalah scanner flatbed. Tentunya ada alasan kenapa scanner ini disebut sebagai scanner flatbed. Hal tersebut karena scanner ini merupakan scanner yang bentuknya rata dan juga datar, seperti tempat tidur. Ini merupakan jenis scanner konvensional yang umum dan banyak ditemui di dalam dunia perkantoran dan juga dunia scanning dokumen. Merupakan jenis scanner yang paling banyak digunakan dan juga dimanfaatkan, karena memiliki ukuran yang kecil dan juga kompak, serta kompatibel dengan beberapa ukuran kertas standar, seperti legal dan juga letter, hingga kertas A3. Flatbed Scanner ini menggunakan teknologi CCD atau Charge Coupled Device sebagai mata yang dapat melakukan pemindaian terhadap dokumen yang ditempatkan di dalamnya.

Kelebihan

  • Harga relative lebih murah dibandingkan scanner lainnya.
  • Kompatibel dengan berbagai sistem operasi komputer.
  • Dapat menscan dan memindai jenis kertas apa saja yang memiliki ukuran pasti.
  • Hemat listrik dan juga daya.
  • Hasil resolusi dari objek yang cukup baik.

Kekurangan

  • Hanya dapat melakukan scan pada satu sisi objek saja.
  • Sangat tidak efektif dalam melakukan pemindaian dari banyak objek.

Film Scanner

Jenis scanner yang selanjutnya adalah film scanner. Mungkin saat ini penggunaan teknologi film negative untuk menyimpan foto dan juga video sudah sangat jarang digunakan. Meskipun begitu, mungkin kita menginginkan kenangan lama yang masih berada dalam bentuk film negative untuk disimpan di dalam komputer dan kita cetak sewaktu waktu dengan menggunakan printer kita. Nah, film scanner ini merupakan jawaban yang sangat tepat. Film scanner menggunakan teknolog yang sama seperti flatbed Scanner, yaitu CCD sebagai mata yang melakukan pemindaian, namun dikhususkan untuk objek yang bentuknya adalah film negative.

Meskipun alat ini merupakan alat yang sangat berguna untuk kepentingan pribadi, namun demikian harga beli dari film scanner ini tergolong mahal, dan juga mungkin sedikit sulit untuk diperoleh. Berbeda dengan flatbed scanner yang bisa kita temui dengan mudah dimana saja. Selain itu, film scanner juga memiliki fungsi yang terbatas, yaitu hanya mampu melakukan proses scanning pada bentuk film negative saja dan bukan jenis dokumen lainnya.

Jadi, Film Scanner ini sanggup untuk mengkonversi dan juga merubah objek yang tersimpan di dalam film negative menjadi bentuk digital dan kita simpan di dalam komputer kita.

Roller Scanner

Roller Scanner merupakan jenis scanner yang fungsinya sama seperti flatbed scanner, yaitu untuk melakukan pemindaian pada sebuah dokumen atau gambar yang secara fisik berbentuk lembaran atau objek yang mudah untuk dipindai. Perbedaan utama antara roller scanner dan juga scanner flatbed adalah dari metode yang digunakan. Apabila flatbed menggunakan teknologi CCD yang menjadi “mata” yang bergerak – gerak dalam memindai isi dokumen, maka roller scanner tidak mnggerakkan matanya, melainkan dokumennya yang digerakkan. Cara kerjanya sama seperti printer, dimana dokumen atau kertas diletakkan pada ujung satunya, kemudian kertas tersebut akan masuk ke dalam mesin scanner, lalu keluar pada ujung satunya lagi.

Roller Scanner ini sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu :

  • ADF Scanner (Automatic Document Feeder)

Merupakan scanner jenis roller yang ditujukan untuk penggunaan dokumen dalam jumlah yang banyak. Scanner ini memiliki wadah tersendiri untuk menyimpan dokumen yang akan di scan, lalu secara otomatis kesemua dokumen tersebut akan ditarik masuk ke dalam mesin Roller Scanner secara bertahap satu per satu. Sangat efektif untuk digunakan di dalam kantor yang sangat sibuk, terutama bagian administrasi, yang harus sering mendokumentasikan dokumen ke dalam bentuk – bentuk digital.

  • Scanner Sheet Feed

Sama seperti Scanner DF, namun demikian scanner sheet feed ini tidak memilki wadah penyimpanan dokumen. Hal ini membuat scanner sheet feed ini dapat digunakan dengan cara memasukkan kertas atau dokumennya satu per satu. Populer dengan nama Scanner Mobile atau scanner Portable, Scanner Sheet Feed ini sangat praktis dan sangat mudah untuk dibawa–bawa. Selain itu, scanner sheet feed ini juga dapat digunakan hanya dengan menggunakan USB port pada komputer kita saja, sehingga tentu saja akan sangat mempermudah kita dalam melakukan proses pemindaian dimanapun dan juga kapanpun.

Meski begitu, scanner sheet feed ini juga memiliki kekurangan, yaitu memiliki harga yang masih cukup mahal, adanya spare part tertentu yang harus diganti setelah beberapa kali penggunaan, serta scanner sheet feed ini juga sangat terbatas dalam hal ukuran dokumen yang akan dipindai.

Hand Scanner

Sesuai dengan namanya, hand scanner adalah jenis scanner yang bisa kita aplikasikan dengan sangat mudah, karena cukup dengan menggunakan tangan. Hand scanner secara umum banyak digunakan sebagai peralatan keamanan, untuk mendeteksi dan memindai barang bawaan seseorang, sebagai alat untuk scan barcode di dalam swalayan dan juga scanner untuk memindai isi dari sebuah dokumen, dengan cara mengarahkan tangan dan juga scanner tersebut sesuai dengan bentuk dokumen yang ada.

Scanner tangan atau hand scanner ini cukup mudah dan sangat praktis untuk digunakan, dan juga memiliki harga yang cukup murah dan juga terjangkau. Selain hand scanner, ada juga inovasi dan juga pegnembangan lainnya dari hand scanner, yaitu 3d Scanner. Sesuai dengan namanya, 3d Scanner merupakan bentuk scanner yang mampu melakukan pemindaian pada objek yang bentuknya 3D. Scanner 3D mampu memindai seluruh sisi dari sebuah objek real dan memasukkannya ke dalam komputer tanpa ada masalah sama sekali. Selain itu, scanner 3D juga dapat memindai kode tulisan dan juga objek lainnya tanpa harus menyentunya. Scanner 3D ini populer pada film–film detektif dan juga film fiksi sebagai peralatan yang sangat canggih. Meskipun demikian, alat ini secara real memiliki harga beli yang cukup tinggi sehingga hanya dimiliki oleh orang–orang tertentu saja.

Fungsi Scanner

Seperti yang kita ketahui, scanner memiliki manfaat yang mana sangat membantu kita dalam urusan pemindaian dokumen ataupun foto yang ingin kita simpan ke dalam bentuk digital ataupun menduplikat file yang dipindai tersebut. Selain itu, scanner memiliki fungsi lain, yaitu :

  • Menyalin berkas
    Fungsi awal scanner adalah untuk menyalin berkas penting yang eksistensinya terancam oleh hal-hal yang menyerang kondisi fisik berkas tersebut.
  • Pendokumentasian
    Sebagian pengguna memilih scanner saat hendak mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dinilai penting.
  • Pengelolaan berkas
    Ketika berhubungan dengan berkas fisik, maka risiko terkecil yang muncul adalah waktu yang terbuang karena pengelolaan yang susah. Dengan scanner, setiap berkas dapat dikelola dan dikategorisasikan dengan mudah. Ketika berkas dibutuhkan, versi digital telah siap untuk diambil kapan saja.
  • Pengamanan berkas
    Berkas konvensional memiliki ancaman fisik yang siap menyerang kapan saja. Dengan adanya scanner, maka berkas lebih aman karena versi digital dapat menjadi jaminan eksistensi dari versi asli.

Cara Kerja Dari Scanner

Sebagian besar dari kita pasti pernah berfikir mengenai bagaimana sebenarnya cara kerja dari perangkat yang satu ini. Nah, berikut ini adalah cara kerja yang dilakukan oleh scanner :

  • Gambar yang akan dipindai itu diletakan berada di atas permukaan kaca pemindai.
  • Sebelum gambar dilakukan pemindaian, komputer akan melakukan penentuan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu, jaraknya sudah ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar di kaca pemindai. Ketika scanhead sedang melakukan pergerakan scan menangkap cahaya yang dicerminkan pada area yang dipindai dengan memiliki ketelitian sekitar 1/90.000 inci.
  • Lampu mulai menyala dan motor stepper akan melakukan perputara untuk menggerakan lampu sampai tepat berada diatas objek.
  • Cahaya lampu yang dipancarkan pada gambar akan segera dipantulkan pada bagian wilayah yang kosong atau memiliki warna putih tentunya akan memantulkan lebih bvanyak cahaya ketika dibandingkan daerah yang tampak gelap atau memiliki warna. Kemudian pantulan yang telah dihasilkan akan diteruskan oleh beberapa cermin menuju lensa scanner.
  • Pada pantulan cahaya tersebut akan bergerak menuju sensor CCD.
  • Sensor CCD akan melakukan pengukuran intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan mengubahnya menjadi tegangan listrik analog.
  • Tegangan analog tersebut akan berubah menjadi nilai digital karena adanya alat pengubah ADC (Analog to Digital).
  • Sinyal digital yang berasal dari Sensor CCD akan dikirim ke logic board dan dikirimkan kembali pada komputer dalam bentuk data digital yang telah menunjukan warna pada titik-titik gambar yang dipantulkan.

Demikianlah penjelasan mengenai scanner, mulai dari pengertian, sejarah, jenis, fungsi, sampai bagaimana cara kerjanya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua yang membacanya.

Sumber (http://www.martinrecords.com)

Tahukah anda jika virus dapat masuk ke komputer anda melalui fitur AutoRun atau AutoPlay? AutoRun atau AutoPlay merupakan fitur dari windows yang secara otomatis akamn mendeteksi hardware yang dihubungkan atau terhubung dengan komputer melalui USB flasdish maupun DVD/CD Drive. Namun fitur dapat dimanfaatkan malware atau virus saat autorun tersebut dalam kondisi aktif maka akan membuka beberapa pilihan dan saat USB flasdish atau CD/DVD drive mengandung virus maka akan langsung menginfeksi komputer anda. Untuk mematikan fitur autorun tersebut terbilang mudah, berikut beberapa cara untuk mematikannya:

 

Cara 1 : Mematikan AutoRun melalui Local Group Policy

Jalankan run dengan mengetikan kata run pada kotak pencarian start menu atau juga bisa menggunakan shortcut windows + R.
Jika sudah, selanjutnya ketik”gpedit.msc“, maka akan muncul jendela baru seperti ini.

 

cara-mematikan-fitur-autorun-atau-autoplay
Kemudian klik Computer Configuration
Pilihlah sub menu Administrative Templates > windows components > autoplay policies, maka akan muncul seperti ini.

cara-mematikan-fitur-autorun-atau-autoplay1
Lalu klik kanan atau double klik pada Turn off Autoplay, setelah masuk halaman setting,  pilih Enable lalu pilih All Drive kemudian klik OK.

Restart komputer anda, maka autorun sudah tidak aktif lagi.

 


Cara 2 : Mematikan AutoRun melalui Registry Editor

Bukalah layar Run, kemudian ketik regedit pada kotak untuk masuk dalam Regedit Editor

cara-mematikan-fitur-autorun-atau-autoplay

Pilihlah urutan seperti ini, HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\

cara-mematikan-fitur-autorun-atau-autoplay-5

Kemudian pilih pengaturan dengan nama NoDriveTypeAutoRun. Apabila tidak ada, anda dapat membuatnya dengan cara klik kanan, New, lalu pilih 32-bit DWORD dengan nama NoDriveTypeAutoRun lalu isi dengan hexadesimal 000000FF(Desimal 255)

cara-mematikan-fitur-autorun-atau-autoplay-6
Setelah itu Restart komputer anda, maka autorun sudah tidak aktif lagi.

 

Itulah cara yang digunakan untuk Mematikan Fitur Autorun atau Autoplay. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Sumber (https://www.pro.co.id)
Tuesday, 12 January 2016 20:03

Jenis Hardisk

jenis hardisk sata dan ata

Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis. Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan atau membacanya. Slider terpasang di atas arm, yang kesemuanya terhubung secara mekanis pada suatu kumpulan tunggal dan tersambung pada permukaan piringan melalui suatu alat yang disebut dengan actuator. Selain itu ada juga logic board mengatur aktifitas komponen-komponen lain dan berkomunikasi dengan PC.

jenis hardisk komputer

Jenis-jenis harddisk

HardDisk ATA / EIDE, hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment)adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuaiuntuk koneksi ke bus, Banyak produsen disk memiliki rentang diskdengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapatdihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyakPC (personal computer). Keuntungan drive EIDE / ATA yangsignifikan adalah harganya yang cukup murah, karenapenggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanyaadalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drivedigunakan bersamaan untuk meningkatkan performa. Salah satuprodusen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yangmemungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung kemotherboard.

HardDisk SCSI, banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI. Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data. Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.

HardDisk RAID, menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata – rata.

HardDisk SATA, hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi Serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani latensi. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel.

HardDisk SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk. Tipe hard disk yang telah dibahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang diinstall di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), jadi bisa dipindah – pindahkan. Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480 Mbps.

Sumber (http://www.zainalhakim.web.id)

Tuesday, 12 January 2016 20:02

Tips Cara Merawat Baterai Agar Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet - Setelah beberapa hari kemarin saya sibuk membahas artikel-artikel seputar Internet dan Blogging. Maka kali ini saya akan memberikan seputar tips mengenai Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet. 
 
Mungkin bagi anda yang memiliki laptop, maupun baru memiliki laptop pasti sering sekali bertanya. Bagaimana sih cara merawat baterai laptop yang baik ? Pertanyaan itu juga yang muncul ketika saya membeli laptop saya. Memang banyak dari pengguna laptop yang sering bermasalah dengan laptopnya, terutama pada baterai. Baik yang baterainya sering drop, menggembung, dan semacamnya.
 
Lalu, apakah masalah tersebut disebabkan oleh produk dari produsen yang kurang baik ? Tentunya bukan. Sebenarnya hal tersebut adalah murni kesalahan kita sebagai pengguna yang kurang bijak dalam melakukan perawatan terhadap baterai.
 
 
 
Bagaimana cara merawat baterai laptop yang baik dan benar ? Berikut akan saya jelaskan satu per satu.
 
1. Charge Laptop sekitar 8-10 pada saat anda baru membeli laptop.
Bila anda membeli produk elektonik lainnya seperti Handphone, penjual juga menyarankan agar kita men-charge baterainya kurang lebih 8 jam. Apa gunanya ? Gunanya adalah untuk membuat baterai mencapai tegangan floatting battery. Karena pada saat anda membeli laptop, anda mana mengetahui sudah berapa lama laptop itu berada di gudang. Bisa saja sudah 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulan. Pada kondisi ini baterai laptop tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga memerlukan semacam pemanasan mungkin kalau istilah kita. Biasanya memang memerlukan waktu kisaran 8-10 jam. 
 
2. Usahakan agar adaptor selalu terpasang saat anda menggunakan Laptop anda.
Ini yang sering salah dimengerti oleh kebanyakan orang, termasuk saya saat pertama kali memiliki laptop. Banyak orang menyangka bahwa memasang adaptor atau melakukan charge pada saat menggunakan laptop bisa membuat battery menjadi gembung. Ya, itu mungkin bisa terjadi dengan tipe-tipe laptop sebelum tahun 1996. Bila anda membeli laptop sekarang-sekarang ini biasanya sudah dilengkapi oleh fitur  "Control Battery". 
 
Dengan adanya Control Battery maka pada saat baterai anda dalam kondisi penuh, maka laptop akan mengalihkan penggunaan daya menggunakan daya listrik, tidak lagi menggunakan baterai. Sehingga dalam kasus ini sangat jarang ditemukan baterai yang menggembung.
 
3. Jangan Biarkan Baterai anda dalam keadaan 0 %
Hal ini banyak terjadi di kalangan pengguna laptop. Banyak mereka yang merasa tanggung untuk men-charge laptop mereka mungkin karena banyak faktor. Baik yang sedang tanggung menulis, bermain game, dll. Alhasil laptop akan kehabisan daya dan mati.Sebenarnya hal ini menimbulkan banyak efek-efek yang kurang baik terhadap baterai (Cycle Count). Saran saya, lakukan charge apabila daya baterai sudah berada pada posisi 15 %. Karena mencegah memang lebih baik bukan ? untuk apa harus menunggu mati dahulu baru kemudian di charge ?
 
4. Sebisa mungkin jangan melepas baterai dari laptop dan menggunakan daya listrik/DC.
Ini masih berkaitan dengan point nomor 2, dimana banyak pengguna khawatir bila menggunakan baterai sambil melakukan charge akan berdampak buruk terhadap baterai. 
 
Menggunakan daya listrik langsung tanpa memasang baterai pada laptop sungguh berpotensi. Apabila suatu saat tegangan listrik dirumah anda padam. Mungkin hal tersebut akan langsung berdampak terhadap laptop anda. Selain karena korsleting, bisa juga mengakibatkan kerusakan pada komponen laptop seperti harddisk, mother board, dll. 
 
Karena baterai sudah dilengkapi dengan sistem pengaturan aliran listrik yang masuk ke laptop, jadi memang bila listrik anda padam, maka baterai inilah yang berfungsi sebagai penahan daya.
 
5. Pada saat menggunakan daya baterai saja, usahakan tidak membuka program terlalu berat.
Pasti anda sudah tahu soal yang ini, nalarnya sungguh mudah. Apabila pasokan daya terbatas baiknya tidak menggunakan secara berlebih, tentunya untuk menjaga agar baterai dapat bertahan hingga berjam-jam.
 
6. Terapkan cara 5 menit sebelum pakai dan 5 menit sesudah pakai.
Maksudnya adalah charge laptop 5 menit sebelum digunakan dan cabut charge laptop 5 menit setelah selesai digunakan/dimatikan. Mengapa harus begitu ? maksudnya adalah untuk memberikan kesempatan adaptor untuk menghasilkan daya yang stabil. Bila anda menggunakan motor, ada baiknya menyalakan motor sekitar 5-10 menit sebelum motor dijalankan bukan ? prinsipnya hampir sama sepeti itu.
 
Lalu untuk 5 menit sesudah dipakai/dimatikan adalah untuk memberi waktu kepada baterai melakukan colling down, atau melakukan penurunan tegangan. Sebenarnya hal ini tidak begitu berpengaruh, tapi saya membiasakan diri saya untuk melakukan ini.
 
7. Carilah alas yang mendukung sirkulasi udara.
Bila anda sedang menggunakan laptop, usahakan untuk mencari alas atau pijakan yang memungkinkan sirkuasi udara. Karena apabila sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik, laptop akan menghasilkan panas berlebih yang tentunya tidaklah baik untuk baterai anda.
 
8. Gunakanlah Cooling Pad untuk penggunaan berjangka panjang.
Kembali lagi ke point 7. Suhu sangatlah mempengaruhi baterai, karena memanglah panas merupakan musuh utama dari baterai. Bila suhu di ruangan anda cukup panas, usahakanlah menggunakan colling pad sehingga memudahkan sirkulasi udara pada laptop sekaligus mengurangi kepanasan baterai.
 
9. Hindarkan baterai dari air.
Saya rasa bukan hanya baterai laptop, hampir rata-rata produk elektronik takut terhadap air. Tapi bila memang suatu saat baterai anda terkena air maka pastikan baterai benar-benar kering sebelum anda memasangnya ke laptop anda.
 
10. Selalu gunakan charger original.
Gunakanlah charger original dari laptop anda, karena memang para produsen telah mendesain produk berdasarkan standar-standar kualitas tertentu.
 
Tips-tips diatas hanyalah sebagian dari begitu banyak tips merawat baterai laptop. Pada intinya baterai laptop memang pasti  rusak. Karena setiap produk yang dibuat pasti memiliki umur . Tapi alangkah baiknya bila ktia merawat baterai agar dapat bertahan lebih lama. Selain itu, kita juga dapat mencegah kerusakan pada komponen-komponen lainnya.
 
Berikut adalah pembahasan saya kali ini mengenai Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet. Semoga bermanfaat untuk anda semua dan angan lupa nantikan update saya berikutnya. 

 Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data.




Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
• Mengidentifikasi program .
• Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
• Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Software atau Perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Atau bahasa sederhananya semua program yang di gunakan untuk menjalankan komputer. Perangkat lunak juga dapat dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diproses oleh perangkat keras.

Jenis-jenis Software
A. Berdasarkan Fungsinya
Ada 3 jenis tingkatan software dari segi fungsi, diantaranya :
- Sistem Operasi
- Program Aplikasi
- Bahasa Pemrograman

-Sistem Operasi
Sistem operasi atau operating system ( OS) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan multimedia. Dengan kata lain sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software tersebut. Layanan inti umum yang di maksud seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Sistem operasi terbagi menjadi 3 kelompok besar:

1. Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).
Contoh tampilan sistem operasi windows XP

2. Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Dan versi 10.5 (Leopard).
Contoh system operasi windows XP.
-Program Aplikasi
Program Aplikasi atau Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Atau secara sederhana dapat di artikan sebagai perangkat lunak yang di buat untuk tujuan spesifik. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata (mikrosoft office, office.org writer, dll), pengolah gambar grafis (CorelDraw, adobe illustrator, inDesign, dll), dan pemutar media (winamp, media player, nero showtime, dll).
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
a. Word Processing
Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.
Contoh tampilan program aplikasi Microsoft word
b. Desktop Publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.
c. Program Speadsheet
Merupakan programprogram yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.
d. Database Management System
Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
e. Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, adobe photoshop.
Contoh Tampilan program aplikasi adobe photoshop
f. Program Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.
g. Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.
h. Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk,Sky pe,
i. Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video, nero showtime, winamp.
Contoh tampilan program aplikasi winamp
j. Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia, condition zero.
k. Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV.
Contoh tampilan antivirus SMADAV
l. Intenet Browser
Intenet Browser adalah software untuk menload atau membuaka halaman website.
Contoh Mozilla, Google Chrome, Opera, Nestcape
m. System Utilities
System Utilities adalah software untuk mempermudah pengaturan system terhadap hardware.
Contoh Tune Up, Registry Mechanic, Tweaking
n. Internet Downloader
Internet Downloader adalah software untuk mempermudah dan mempercepat proses download file dari internet

-Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer(yang membuat program) dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar (instruction set). Komputer hanya dapat diberi perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut. Perintah-perintah yang lebih rumit (misalnya mengurutkan suatu daftar sesuai abjad) harus diterjemahkan menjadi serangkaian perintah-perintah dasar yang dapat dimengerti komputer (perintah-perintah yang termasuk dalam instruction set komputer tersebut) yang pada akhirnya dapat mennyelesaikan tugas yang diinginkan, meskipun dijalankan dengan beberapa operasi dasar, bukan satu operasi rumit.
Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut. Penerjemahan dilakukan oleh program komputer yang disebut kompilator (compiler). Setiap bahasa pemrograman mempunyai kompilatornya sendiri. Contohnya, kompilator C++ tidak akan mengerti program yang ditulis dengan bahasa Java. Sintaks dari bahasa pemrograman lebih mudah dipahami oleh manusia daripada sintaks perintah dasar. Namun tentu saja komputer hanya dapat melaksanakan perintah dasar itu. Maka di sinilah peran penting kompilator sebagai perantara antara bahasa pemrograman dengan perintah dasar.
Kegiatan membuat program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman disebut pemrograman komputer. Bahasa pemograman di bagi atas dua jenis, yaitu bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa pemograman yang bisa di mengerti oleh manusia, diantaranya adalah PASCAL, FORTRAN, COBOL, BASIC, JAVA, dan C++. Sedangkan program yang menggunakan bahasa tingkat rendah merupakan bahasa yang sulit di mengerti oleh manusia.

B. Menurut Cara Memperolehnya, Software Dapat Dibedakan Menjadi Beberapa Jenis.
1. Freeware.
Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. Beberapa contoh freeware adalah Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner, dan masih banyak lagi.
2. Shareware.
 Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut.. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
Propietary software. Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber.
3.Open source software.
 Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source software memberikan kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah. Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa bermanfaat bagi para pengguna. Beberapa contoh open source software misalnya Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lagi.

C.Berdasarkan Program Aplikasi Pemakai
Program aplikasi pemakai adalah program yang dikembangkan (sendiri, atau dibeli dari pemasok luar) untuk memenuhi kebutuhan tertentu pemakai.Yang termasuk dalam program aplikasi:

1. Pemrosesan kata
2. Spreadsheets
3. Aplikasi database
4. Aplikasi Numerik
5. Aplikasi pendukung keputusan
6. Aplikasi perancangan
7. Aplikasi akuntansi
8. Aplikasi audit